Aku Punya Masa Lalu Kelam

Aku punya masa lalu yang tidak baik. Sekarang aku ingin memperbaiki kesalahan-kesalahanku. Akan tetapi keputus-asaan telah menimpaku, karena ketidak-mampuanku untuk mengatasi hal tersebut. Karena pandangan manusa terus mengawasiku. Apakah hal ini merupakan hukuman dari Allah? Jika memang demikian, bagaimana aku bisa keluar dari keputus-asaan ini, dan bagaimana aku bisa membuat Rabb-ku ridha?
A. H. Madinah

Jawab: Hayyakallah, selamat datang di majalah Qiblati.
Sungguh indah saat seorang manusia berusaha memperbaiki kesalahannya, dan yang penting dalam memperbaiki kesalahan adalah kejujuran bertaubat. Meskipun manusia mengetahui kesalahan anda, hal itu tidak akan mendatangkan madharat kepada anda, jika Tuhan-nya manusia meridhai anda. Tidak hanya anda yang terjerumus ke dalam kemaksiatan. Siapa yang tidak pernah berbuat salah sama sekali, dan siapa pula yang hanya memiliki kebaikan semata?

Aku berharap agar anda mengetahui bahwa kemaksuman itu hanya milik para nabi –mudah-mudahan Rabb pemilik bumi dan langit bershalawat kepada mereka semua-. Janganlah kamu tertipu dengan orang yang menghiasi lahir batin mereka dengan syahwat, kelalaian dan kemungkaran. Kemudian celaka dan kebinasaan bagi orang yang menampakkan keshalihan, tetapi jika bersendirian dengan apa yang diharamkan Allah ﷻ dia melanggarnya. Merekalah manusia yang terburuk.

Jika anda merasakan bahwa seluruh manusia menekan anda, tidak menginginkan kebaikan bagi anda, juga ingin bebas dari anda karena kesalahan-kesalahan yang pernah anda lakukan, sementara anda menyadari besarnya kesalahan-kesalahan tersebut dan berusaha untuk membebaskan diri dari pengaruhnya kemudian anda tidak beruntung, maka hendaknya anda melakukan apa yang diridhai oleh Allah ﷻ . Tidak samar bagi anda bahwa siapa yang mencari keridhaan Allah, sekalipun manusia membencinya, Allah ﷻ akan meridhainya, dan Dia akan membuat manusia ridha. Akan tetapi sebaliknya, siapa yang mencari keridhaan manusia dengan kemurkaan Allah, maka sangat besar kekhawatirannya Allah akan murka kepadanya, dan Dia akan membuat manusia murka kepadanya.

Kami berikan kabar gembira kepada anda bahwa Allah ﷻ akan menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan akan mengampuni kesalahan-kesalahan. Allah ﷻ bergembira dengan taubat seorang hamba saat dia bertaubat kepada-Nya. Manusia tidak akan pernah kehilangan Rabb yang Maha Mengampuni, Maha Menerima taubat, lagi Maha Penyayang. Jika seorang manusia berbuat ikhlas dalam taubatnya, jujur dalam kembalinya kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang Allah ﷻ akan mengganti keburukan-keburukan mereka dengan kebaikan-kebaikan.

Kamipun memberikan nasihat kepada anda untuk memperbanyak kebaikan-kebaikan yang akan menghapus kesalahan-kesalahan, dengan kejujuran bersama Allah, celaan manusia akan berubah menjadi pujian bagi anda. Ini adalah wasiat kami bagi anda, agar anda bertakwa kepada Allah, kemudian banyak bersandar kepada Allah ﷻ . Kami memohon kepada Allah agar meneguhkan anda di atas amal shalih.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: