Hukum Makanan Dari Hasil Hutang Bank

Pertanyaan:

Apa hukum memakan makanan orang yang belakangan diketahui dari hasil berhutang dari bank?

Jawaban:

Sudah tentu berhutang dari bank termasuk dosa besar dari sekian banyak dosa besar, maka sudah seharusnya bagi yang meminjam atau orang yang membantu orang lain untuk meminjam agar mereka bertaubat kepada Allah , dan bertekad untuk tidak kembali kepada dosa besar semacam ini.

Adapun memakan makanan mereka atau menerima hadiah dari mereka maka hukumnya tidak berdosa jika mereka memiliki income lain yang halal selain harta bank haram tersebut, dikarenakan dalam hal ini termasuk harta yang tercampur antara halal dan haram, namun jika mereka tidak mempunyai penghasilan lain selain harta haram maka tidak boleh bagi Anda untuk makan dari harta mereka.

Nabi pernah dijamu oleh seorang laki-laki Yahudi dan juga oleh seorang wanita Yahudi dengan hidangan kambing padahal sudah jelas orang Yahudi berjualbeli dengan cara riba, tetapi harta mereka tercampur antara yang halal dan yang haram dikarenakan profesi mereka sebagai petani dan pedagang. Dan seperti inilah asal hukum bermuamalah dengan seseorang yang mempunyai harta haram semuanya atau sebagiannya.

Dan tentunya Anda wajib bersikap baik dengan orang yang berhutang dari bank, semoga dengan perantara Anda, Allah memberikannya petunjuk lalu meninggalkan kebiasaannya di masa yang akan datang. Wallahu A’lam!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *