Timbanglah Cintamu Kepada Rabbmu

Bismillahirrahmanirrahim

Ketika aku duduk selesai shalat fajar, aku merasakan seolah aku memiliki dunia beserta isinya. Iya…! Suatu perasaan yang melingkupi seluruh tubuhku. Wahai Rabbku! Seluruh kesenangan dunia ada di tanganku. Ketenangan jiwa yang tidak aku dapatkan kecuali setelah melakukan ketaatan seperti ini. Aku merasa adanya semangat yang mengalir di darahku, ketenangan di hatiku dan kenyamanan di sekujur tubuhku. Semuanya ku dapatkan karena dekat kepada-Mu.

Kalian akan merugi jika tidak memiliki keinginan seperti kami untuk mendirikan shalat fajar! Kami mencari ketenangan dan kebahagiaan dengan memanfaatkan waktu-waktu itu, bahkan ketika semua kesibukan dan harta-harta dunia tidak jauh dihadapan kami. Beberapa saat, kami luangkan untuk menunaikan shalat kami. Kami dekatkan dulu diri kami kepada Pencipta kami, kami hirup ruh kami pada saat-saat yang singkat ini.

Wahai Rabbku! Jagalah nikmat ini, berupa keinginan untuk senantiasa shalat fajar pada diri kami! Tolonglah setiap muslim untuk mendirikannya! Berilah petunjuk kepada kami untuk berkeinginan dan mendirikannya!

Segala Sesuatu Ada Tandanya
Yang sangat menyedihkan adalah, kalian melihat kebanyakan kaum muslimin saat ini meninggalkan shalat fajar. Seolah-olah shalat fajar telah hilang dari kamus mereka. Mereka shalat setelah keluar waktunya beberapa saat, bahkan ada diantara mereka yang mengerjakannya sebelum shalat dhuhur dan bahkan yang lain tidak meng-qadha’-nya. Mengapa mereka meremehkan hak Allah?!

Berkenaan dengan masalah ini kita katakan bahwa segala sesuatu ada tandanya. Dan tanda cinta kita kepada Rabb kita adalah keinginan kita untuk bertemu dengan-Nya. Setiap orang dari kita jika mencintai seseorang dengan cinta yang tulus, maka ia akan sangat ingin bertemu dengannya. Bahkan ia akan menggunakan waktunya untuk ber-tafakkur tentang-Nya dalam waktu-waktunya. Setiap kali tiba waktunya untuk bertemu dengan-Nya, maka ia tidak bisa tidur hingga ia bertemu dengan Kekasihnya. Bukankah ini sebagai bukti cinta kita kepada Rabb kita jika kita bangun dari tidur kita untuk mendapatkan ridha dari Pencipta kita?!

8 Keberkahan Dalam Shalat Fajar
Aku telah mendapati sebuah makalah dari saudaraku yang aku tidak mengetahui namanya. Ia menyebutkan 8 keberkahan yang akan didapatkan oleh siapa saja yang berkeinginan untuk shalat fajar. 8 keberkahan tersebut adalah :
1. Shalat fajar setara dengan bangun malam seluruhnya. Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda : “Siapa yang shalat isya secara berjamaah maka seolah-olah ia shalat separuh malam, dan siapa yang shalat shubuh secara berjamaah maka seolah-olah ia shalat seluruh malam” (Muslim)
2. Seseorang yang shalat fajar berada dalam jaminan Allah Ta’ala. Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda : “Siapa yang shalat shubuh maka ia dalam jaminan Allah” (Muslim)
3. Cahaya pada hari kiamat. Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda : “Berikan berita gembira bagi orang-orang yang berjalan ke masjid di dalam kegelapan malam dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat”
4. Orang yang shalat fajar berjamaah akan masuk surga. Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda : “Siapa yang shalat bardain (shubuh dan ashar) akan masuk surga”
5. Rizki yang lapang. Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata : “Dan tidur pagi menghalangi rizki, karena pada waktu tersebut rizki dibagi-bagi”
6. Lebih baik dari dunia dan seisinya. Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda : “Dau rakaat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya” (Tirmidzi)
7. Shalat fajar seseorang diangkat dihadapan Rabb alam semesta. Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda : “Para malaikat malam dan malaikat siang silih berganti menjaga kalian dan berkumpul untuk shalat ashar dan shalat isya. Kemudian mereka, yang telah bermalam bersama kalian, naik ke langit dan (Allah) bertanya kepada mereka, padahal Allah lebih tahu keadaan hamba-hamba-Nya (ketika mereka meninggalkannya) : ‘Bagaimana kalian meninggalkan hamba-hamba-Ku?’. Maka mereka berkata : ‘kami meninggalkan mereka ketika mereka sedang shalat dan kami mendatangi mereka ketika mereka sedang shalat’ ” (Bukhori, dll)
8. Rizki dan keberkahan bagi siapa saja yang shalat fajar. Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda : “Ya Allah, berilah keberkahan untuk umatku pada pagi hari mereka” (Tirmidzi)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: